Kamis, 12 Januari 2012

Makna Leksikal, Kontekstual, Struktural dan Makna Metaforis

Makna Leksikal adalah makna dasar sebuah kata yang sesuai dengan kamus. Makna dasar ini melekat pada kata dasar sebuah kata. Makna leksikal juga disebut makna asli sebuah kata yang belum mengalami afiksasi (proses penambahan imbuhan) ataupun penggabungan dengan kata yang lain. Namun, kebanyakan orang lebih suka mendefinisikan makna leksikal sebagai makna kamus. Maksudnya makna yang sesuai dengan yang tetera di kamus.
(a)    rumah
(b)    berumah
contoh yang pertama (a) merupakan kata dasar yang belum mengalami perubahan. Berdasarkan kamus KBBI makna kata rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal. Sedangkan contoh kedua (b) merupakan kata turunan.


Makna Kontekstual
adalah makna yang muncul sesuai dengan konteks kata tersebut dipergunakan. Artinya, makna tersebut muncul sebagai makna tambahan disamping makna sebenarnya berupa kesan-kesan yang ditimbulkan oleh sebab situasi tertentu. Misalnya ungkapan “Dasar kerbau, kerjaannya makan tidur saja” , tentu yang dimaksud kerbau bukan hewan yang bertanduk, tapi menunjuk pada manusia. Contoh lain ialah kata kursi secara leksikal maknanya adalah tempat untuk duduk. Kursi pada kalimat “Banyak kursi yang nilainya puluhan juta saat pemilu” , bermakna jabatan yang diperjualbelikan.

Makna Struktural atau Makna Gramatikal adalah makna yang terbentuk karena penggunaan kata tersebut dalam kaitannya dengan tata bahasa. Makna gramatikal muncul karena kaidah tata bahasa, seperti afiksasi, pembentukan kata majemuk, penggunaan kata dalam kalimat, dan lain-lain.
(a)    rumah
(b)    berumah
contoh yang kedua (b) mempunyai arti yang berbeda dengan makna yang pertama (a) meskipun kata dasarnya sama, yaitu rumah. Penambahan prefiks atau awalan pada kata rumah membuat makna rumah berubah tidak sejedar bangunan untuk tempat tinggal.

Makna Metaforis adalah makna yang ditimbulkan oleh adanya unsur perbandingan di antara dua hal yang memiliki ciri makna yang sama. Contoh : kata kaki dengan ungkapan kaki langit, kaki gunung dan kaki meja. Kaki tetap menunjukkan bagian bawah, namun ungkapan kaki langit bermakna horizon, kaki gunung berarti lembah, dan kaki meja adalah tiang-tiang penyanggah meja.
Makasih Kunjungannya di Artikel Ini :
Judul: Makna Leksikal, Kontekstual, Struktural dan Makna Metaforis
Ditulis oleh Chikita Nawaristika
Rating Blog: 5 dari 5

Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Makna Leksikal, Kontekstual, Struktural dan Makna Metaforis ini ya. Jika tidak, maka akan diproses secara DMCA Takedown yang tentu saja tidak baik bagi blog sobat maupun sobat sendiri. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya.

10 komentar :

  1. iya, kebetulan membantu banget informasinya. sip :)

    BalasHapus
  2. minta contoh makna srtuktural lagi dong...
    makasih sebelum.a

    BalasHapus
  3. permisi saya tertarik dengan blog anda tentang makna majas, kalau bisa tolong kasih tahu link yang anda dapatkan mengenai teori makna, atau judul buku mengenai makna yang anda posting di blog ini ke hamba.allah@yahoo.co.id terima kasih sudah mempostingnya :D

    BalasHapus
  4. Mau download eBook or jurnal ttg makna kontekstual gmn ya?

    BalasHapus
  5. Mau download eBook or jurnal ttg makna kontekstual gmn ya?

    BalasHapus

Sobat Chiprut yang baik, silahkan berkomentar dengan baik juga yah.
<( ‾▿‾)-σ Gabole ada SPAM.
<( ‾▿‾)-σ Gabole ada LINK AKTIF.
<( ‾▿‾)-σ Gabole komen cuman mau share link aja, tapi gak baca . *itu jahat bingits*
<( ‾▿‾)-σ Klo komennya ngasal (*gak baca langsung komen) di balas sama komen ngasal juga yah, jangan marah . weekk